Nasab atau Silsilah para Nabi dan Rosul

June272013
Assalam wr wb . . .
Baiklah kali ini bangfai ælkalbiy post tentang :
Nasab atau Silsilah para Nabi dan Rosul
Anda Muslim/Muslimah ?
Baca yuk . !
bagi anda yang tahu dan ingin tahu Silsilah 25 Nabi Dan Rasul secara perinci dan lengkap silahkan di lihat pada gambar berikut . .

silsilah-nasab-25-nabi.jpg
atau bisa anda download jika gambar diatas tampilannya kurang besar, download di url
bangfai.wen.ru/image/silsilah-nasab-25-nabi.jpg

Penjelasan :

Allah mengutus para nabi dan rasul untuk menyampaikan risalah serta menyebarkan ajaran Islam ke muka bumi.

Rasul adalah seorang laki laki merdeka yang menerima risalah atau wahyu dari Allah dan Ia juga diperintahkan baginya untuk menyampaikannya kepada kaumnya. Jadi boleh dikatakan juga bahwa setiap rasul pasti nabi tapi tidak semua nabi itu a dalah rasul. َ

Allah berfirman ”Hai Rasul, sampaikanlah apa yang di turunkan kepadamu dari Tuhanmu. Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanat- Nya.” (al-Maidah: 67)

NABI Nabi adalah seorang laki laki merdeka yang diturunkan kepadanya risalah atau wahyu dari Allah untuk diamalkan, namun tidak diperintahkan baginya untuk menyampaikannya kepada kaumnya. Kenabian lebih umum karena semua rasul adalah nabi tetapi tidak semua nabi adalah rasul. Jadi orang yang bukan nabi berarti bukan rasul, dengan kata lain, untuk bisa menjadi rasul dia harus menjadi nabi. Rasul diutus untuk membawa risalah kepada manusia, untuk membawa syari'at Allah dan agama yang harus disampaikan lagi kepada manusia.

Kenabian adalah pemberian Allah semata. Manusia tidak mungkin mendapatkan gelar nabi dengan usaha, karena ia bukan gelar yang mungkin diraih dengan jerih payah. Kenabian adalah derajat tinggi dan kedudukan mulia yang Allah berikan kepada orang yang Dia kehendaki. Orang yang dikehendaki sebagai nabi itu telah disiapkan oleh Allah sedemikian rupa untuk memikul kenabian tersebut. Tentu sebelum jadi nabi, Allah menjaganya dari perbuatan yang buruk dan melindunginya dari segala maksiat serta menganugerahkan kepadanya akhlak yang luhur. Jelasnya, bahwa kenabian tidak diperoleh dengan usaha tertentu, namun kenabian itu anugrah dari Allah yang diberikan kepada hamba-Nya yang terpilih dan tertentu.

Kenabian bukan diberikan kepada orang yang mengharapkan dan memohon menjadi nabi. Dan kita sebagai muslim, diwajibkan meyakini bahwa Allah mengutus para rasul untuk masing-masing umat yang menyeru mereka kepada tauhid. Beriman kepada seluruh rasul dan nabi adalah wajib dan merupakan rukun iman tanpa membedakan beriman kepada sebagian dan kufur kepada sebagian yang lain sebab hal tersebut sama dengan tidak beriman kepada semuanya. ”(Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul rasul-Nya”,” (Al- Baqarah, 285).

JUMLAH PARA NABI DAN RASUL

Wajib bagi setiap muslim mengetahui bilangan para nabi dan rasul yang telah disebut dalam al-Qur’an sebanyak 25 dan wajib meyakininya secara keseluruhan bahwa Allah telah mengutus mereka sebagai nabi dan rasul yang dimulai dari nabi Adam as dan diakhiri oleh nabi Muhammad saw.

“Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, diantara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan diantara mereka ada yang tidak Kami ceritakan kepadamu” (al-Ghafir, 78).

Bilangan para rasul sangat banyak, sebagian ulama mengatakan hingga mencapai 315 rasul. Sedangkan bilangan para nabi mencapai 124.000. Di antara mereka ada yang wajib diketahui dan ada yang tidak wajib.

Nabi dan rasul Allah yang wajib diketahui berjumlah 25, yakni mereka yang disebutkan di dalam al-Qur’an dengan perincian sebagai berikut: Adam, Idris, Nuh, Hud, Salih, Ibrahim, Lut, Ismail, Ishaq, Ya’qub, Yusuf, Ayyub, Syuaib, Musa, Harun, Dhul Kifli, Daud, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa’, Yunus, Zakariya, Yahya, ’Isa, Muhammad saw. Inilah jumlah nama dan urutan nabi dan rasul Allah yang wajib diketahui. Dimulai dari Nabi Adam as sebagai pembuka para nabi, dan diakhiri Nabi Muhammad saw, nabi dan rasul Allah saw yang terakhir. Penegasan bahwa Nabi Muhammad saw adalah nabi dan rasul Allah yang terakhir telah banyak ditegaskan Allah dalam al-Qur’an dan dan ditegaskan pula oleh Rasul-Nya di dalam al-hadits.

Jadi kalau ada orang mengaku sebagai nabi setelah beliau, pasti dengan tegas umat Islam akan menolak keberadaanya dan tidak mempercayainya, karena Nabi Muhammad saw adalah akhir dan penutup para nabi. Keyakinan bahwa Rasulallah saw adalah nabi terakhir begitu kuat tertanam di dada para sahabat beliau, sehingga ketika ada yang mengaku sebagai nabi, pasti dengan tegas mereka menolaknya dan sekaligus menyatakan perang kepada mereka

Hmm apalagi zaman ahir ini, Anda pasti sering dengar Orang2 yang mengaku Nabi (gak perlu disebutin ah siapa mereka), yah sayapun tidak tahu apa maksud mereka, apakah memecah belah Agama islam ataupun hanya sekedar mencari ketenaran yang jelas itu salah besar dan sesat menyesatkan.
Mungkin cukup sekian tentang

Silsilah 25 Nabi Dan Rasul yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
smile
posted by: bangfai

Wassalam wr wb . . .
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

4 responses to "Nasab atau Silsilah para Nabi dan Rosul"

bangfai ælkalbiy on 03:35 PM, 27-Jun-13

Nasab atau Silsilah para
Nabi dan Rosul
by bangfai ælkalbiy on 03:33
PM, 27-Jun-13
Category: Artikel islami
http://bangfai.mywapblog.com/nasab-atau-silsilah-para-nabi-dan-rosul.xhtml

Andie Zyodiablo on 06:38 PM, 27-Jun-13

mkc ilmunya dah share... bmanfaat
mampir yuk

eanreana on 09:00 PM, 28-Jun-13

Assalamualaikum wr wb.
Untung rasul yg wajib kita ketahui cuma 25 orang, itupun susah mengingat nama dan sejarahnya. Apalagi kalau ratusan atau ribuan!

parajumpers danmark on 02:49 PM, 03-Sep-13

Wow, that's what I was exploring for, what a data! existing here at this blog, thanks admin of this site.
parajumpers danmark http://www.dbdh.dk/pjs.asp

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(Some BBCode tags are allowed)

 
Back to top